blog post

PENJELASAN LAMBANG KONGREGASI
           Lambang Kongregasi berupa hati tempat tumbuh tiga tangkai bunga teratai dan di kelilingi oleh lingkaran tersidi atas tujuh nyala api dan tujuh sinar cahaya. Di sebelah kanan atas terdapat sekuntum bunga mawar (roos) di sebelah kiri sekuntum bunga pensee (viooltje), dan di sebelah bawah sekuntum bunga teratai(lilie). Di  bagian paling atas terdapat hutuf M dengan sebuah mahkota di atasnya yang dikelilingi oleh dua belas bintang. Di bagian paling bawah terdapat sebuah pita dengan kutipan dari ibadat harian Santa Perawan Maria dari Lourdes: “Ego Mater Pulcharae Dilectionis”, artinya “Aku adalah Bunda Cinta yang Murni”
Adapun arti dari simbol-simbol dalam lambing Koongregasi adalah sebagai berikut:

Hati melambangkan cinta kasih Maria yang suci murni, dilambangkan oleh bunga teratai.

Api dan sinar melambangkan karya-karya yang dihasilkan oleh cinta kasih. Ketujuh nyala api melambangkan karya-karya belas kasihan rohani serta ketujuh sinar cahaya adalah karya-karya belas kasih jasmani.

Ketiga bunga di sudut lambing melambangkan tiga keutamaan Maria: Bunga mawar adalah cinta, bunga pensee adalah kesederhanaan, dan bunga teratai melambangkan kemurnian.

Huruf M yang memahkotai dan dikelilingi oleh dua belas bintang berarti: Maria dipilih oleh Allah dan di mahkotai dengan kebahagiaan di surge, sebagai  Ratu kedua belas suku bangsa Israel.